ARTIKEL TERBARU

8 Penyebab Komputer Restart Sendiri dan Solusinya

Ada beberapa penyebab komputer tiba-tiba restart sendiri, berikut diantara nya:
  
1. Komputer sering restart karena Processor Overheating.
    Cara cek processor yang overheating (terlalu panas) :
  • Melihat kondisi temperatur pada menu Hardware Monitor di BIOS
  • Menggunakan program monitoring temperatur seperti misalnya CPUID Hardware Monitor
  • Mengecek secara manual yaitu dengan membuka casing CPU dan meraba sendiri  temperatur pada bagian Pendingin (Cooler) Processor.
     Penyebab Processor yang overheating (terlalu panas):
  • Putaran kipas / fan pendingin Processor yang sudah menurun (putaran pelan).
  • Menumpuknya debu pada sirip-sirip Pendingin Processor, ini adalah hal yang sering terjadi terutama apabila ruangan tempat penyimpanan komputer berdebu.
  • Sudah keringnya atau bahkan tidak adanya thermal paste yang merekatkan antara Processor dan Pendinginnya.
  • Kondisi ruangan tempat penyimpanan komputer yang memang panas.
     Cara Service Komputer yang Sering Restart akibat overheating / kepanasan :
  • Bersihkan debu yang terdapat dalam Casing CPU dan Pendingin Processor secara berkala dengan kuas kecil atau gunakan blower jika ada.
  • Lapisi ulang processor dengan thermal paste, sebelumnya buang / kerik thermal paste kering yang nempel di processor / pendinginnya.
  • Tempatkan komputer di ruangan yang tidak terlalu panas (lebih baik ber-AC), gunakan kipas tambahanan jika perlu
  • Gunakan program monitoring temperatur, misalnya CPUID Hardware Monitor untuk mengetahui secara dini kondisi overheat pada Processor. Program ini dapat Anda download di sini. Screenshootnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

2. Komputer sering restart karena Power Supply yang kekurangan daya.
Kurangnya daya Power Supply dapat menyebabkan komputer sering restart.
Penyebab power suply kurang daya adalah menurunnya putaran kipas atau matinya Kipas power supply, sehingga terjadi overheat pada komponen Power Supply itu sendiri. Apabila anda merasa curiga dengan performa Power Supply yang terpasang sebaiknya ganti dulu bagian power Supply ini dengan Power Supply yang terbukti berfungsi baik. Semakin besar daya / watt power supply semakin bagus.

3. Komputer sering restart karena VGA Card rusak
Komputer sering restart sendiri juga bisa terjadi karena rusaknya bagian VGA Card yang terpasang pada slot AGP atau PCI. Biasanya VGA Card yang rusak akan terasa cepat panas pada bagian pendinginnya, selain itu tampilan gambar pada layar monitorpun menjadi rusak. Untuk itu apabila komputer Anda sering restart ada baiknya juga untuk mengecek komponen tersebut. Lepaskan VGA Card dari slotnya bersihkan jalur VGA dengan penghapus pensil, bersihkan slotnya dengan cairan pembersih khusus yang biasa dijual ditoko komputer, pasang kembali VGA Card.
4. Komputer sering restart karena Hardisk bad sector 
Sebuah hardisk yang rusak atau bahkan terdapat bad sector didalamnya dapat menjadi penyebab komputer menjadi hang, muncul pesan bluescreen of deadth atau komputer tidak bisa booting dan me-restart terus. Untuk mencegah kerusakan sekaligus memperbaiki hardisk tersebut kita bisa menjalankan program scandisk/checkdisk, men-defrag hardisk secara teratur dan pastikan selalu mematikan komputer dengan menekan tombol shutdown. Untuk cara cek kondisi harddisk silahkan klik di sini.

!

5. Komputer sering restart karena RAM rusak
RAM yang rusak juga bisa menyebabkan komputer sering restart, coba lepaskan RAM dari slotnya kemudian bersihkan dengan menggunakan penghapus pensil pada jalur RAM, untuk slotnya gunakan cairan pembersih yang biasa dijual di toko komputer, pasang kembali RAM pada tempatnya. Untuk cara cek RAM yang rusak klik di sini.


6. Komputer sering restart karena Virus
Apabila bagian hardware tidak ada masalah, maka kemungkinan ada masalah pada system dan Virus juga dapat menjadi penyebab komputer sering restart sendiri, karena virus akan menyerang file system sehingga system tidak bisa berjalan dengan normal dan berat, yang akan membuat system akan restart, atau virus menginfeksi file system sehingga komputer tidak dapat menjalankan system dengan normal dan mengakibatkan setiap kali komputer anda digunakan akan restart. 
Cara menyelesaikan masalah ini, scan komputer anda dengan antivirus yang terbaru dan selalu update, apabila tidak berhasil Install ulang Windows nya.

7. Komputer sering restart karena Driver yang tidak sesuai.  
Ketika kita tidak menemukan driver, atau CD Driver kita hilang, kita mendownloadnya dari Internet dan bila anda mendownloadnya di website yang bukan distributor hardware tersebut, dan menginstallnya di komputer, ini dapat menjadi masalah, karena kemungkinan driver yang anda download tersebut tidak lengkap, atau driver tersebut telah disisipi oleh virus atau program lain, sehingga tidak sesuai dengan peralatan yang terpasang di komputer anda. 
Cara mengatasinya, uninstall driver tersebut, kemudian download driver dari distributor perangkat komputer tersebut sehingga terjamin keasliannya.

8. Komputer sering restart karena Konflik Software
Komputer juga bisa Restart sendiri bila terjadi konflik antara program yang baru di Install dengan program lain sudah ter-install lebih dahulu atau konflik dengan sistem driver komponen peralatan  yang ada. Dimana untuk menjalankan software tersebut, komponen komputer tidak kompatible sehingga terjadi konflik dan komputer akan restart sendiri.

Untuk mengatasi hal tersebut di sarankan untuk meng-uninstall software tersebut atau mengupdate driver komponen atau mengganti komponen dengan yang kompatible dengan software yang diinstall. Sebelum menginstall software, terlebih dahulu harus di baca spesifikasi software tersebut, apakah kompatible dengan komponen komputer yang anda miliki.

Catatan : Ada pengaturan yang terdapat di Windows XP yang dapat membantu anda mencegah komputer me-restart saat terjadi kesalahan sistem. Jika Anda menonaktifkan pilihan itu, Anda dapat mengatasi masalah reboot otomatis.
  • Klik Start, lalu buka Control Panel
  • Klik Performance and Maintenance
  • Klik System
  • Klik pada Tab Advanced
  • Klik Settings pada bagian Startup and Recovery
  • Hapus centang Automatically Restart di bagian System failure
Cara diatas hanya untuk mencegah sistem untuk restart, tetapi sebagai alternatif untuk mengatasi masalah komputer yang selalu restart sendiri, coba ingat apa yang anda lakukan baru-baru ini pada komputer anda. Jika Anda telah Memasang Hardware atau meng-Install Software baru, cobalah lepaskan Hardware atau Uninstall Sofware yang baru itu dan kembalikan kondisi komputer anda seperti saat masih bagus.

Demikian cara service komputer yang sering restart untuk pembahasan lebih lengkapnya silakan baca di sini. Semoga bermanfaat.

Tutorial Service Komputer

1 Response to "8 Penyebab Komputer Restart Sendiri dan Solusinya"

  1. that's give me new knowledge....
    tx for your info...

    BalasHapus