ARTIKEL TERBARU

Bikin Sendiri Meja Lampu untuk Afdruk Film Sablon

Proses penyinaran afdruk film sablon, ada 2 cara, yaitu  penyinaran dengan bantuan sinar matahari dan sinar lampu.

Cara pertama, dengan menggunakan sinar matahari mempunyai kelebihan proses penyinaran yang relatif cepat, sedang kelemahannya, yaitu keterbatasan waktu dan cuaca. Jika sedang dalam keadaan cuaca mendung atau musim hujan, tentu akan memiliki kesulitan dalam proses peng afdrukan film sablon. 

Cara yang kedua, dengan menggunakan penyinaran dari lampu. Lampu yang digunakan biasanya lampu neon TL bisa juga lampu pijar biasa, penyinaran memakai lampu tidak terbatasi oleh kendala cuaca jadi cara ini akan lebih efektif, sehingga kita bisa melakukan peng afdrukan pada malam hari. Meski begitu tetap ada sedikit kelemahan juga, kinerja akan terganggu jika ada pemadaman listrik.

Dari kedua cara tersebut di atas, kurang lebih mempunyai banyak kesamaan cara peng afdrukan, sedikit hanya pada waktu penghitungan pada saat penyinaran saja. Pada penyinaran dengan matahari hanya memakai hitungan detik sedang penyinaran dengan lampu memakai hitungan menit.

Berikut saya mencoba memberikan gambaran pembuatan meja lampu untuk afdruk, perhatikan gambar di bawah ini. 
 Sebelum membuat meja seperti diatas, sobat bisa juga menggunakan meja yang sudah ada alas meja di lapisi kaca bening tebal kira-kira minimal tebalnya 5mm, agar penyinaran lampu dapat sempurna.

Tinggi meja tidak terlalu dibatasi, sesuikan dengan yang anda inginkan atau jika menggunakan meja yang sudah ada, misalnya meja tamu, tinggal diganti dengan kaca yang bening karena meja tamu biasanya berwarna agak gelap.

Setelah itu simpan lampu di bawahnya (menghadap ke atas). Gunakan lampu neon dua buah atau lebih, masing-masing 20 watt atau lebih. Jarak antara lampu dengan kaca bagian bawah kurang lebih sekitar 10 s/d 20 cm.

Pada saat proses peng afdrukan sama dengan penyinaran sinar matahari, hanya saja posisi screen menghadap kebawah kearah sinar lampu tadi. 

Apabila sobat masih bingung atau malas membuat meja nya, bisa pesan melalui saya nantinya meja tersebut tidak hanya untuk meng afdruk tapi juga bisa dipakai buat menyablon karena dilengkapi dengan engsel sablon(catok), silakan klik tombol  ORDER  ini untuk cara pemesanan.

Untuk cara afduk menggunakan meja lampu tersebut diatas silakan baca di sini. Demikian, semoga bermanfaat.
Tutorial Service Komputer

12 Responses to "Bikin Sendiri Meja Lampu untuk Afdruk Film Sablon"

  1. Gambar meja sablonnya mana ni bang?
    kalo ada upload dong biar saya bisa lihat barang nya.
    terimakasih share artikel nya

    BalasHapus
  2. Mantabs gan...tutorialnya lengkap, smoga bertambah pahala dan rejekinya....

    BalasHapus
  3. berapa biayanya gan untuk membuat meja afdruknya

    BalasHapus
  4. saya sangat membutuhkan informasi tentang cara afdruk dan pembuatan screen yang berbentuk silinder barang kali ada infonya bisa di email ke kami.
    terima kasih.

    BalasHapus
  5. thank banget infonya bang!
    kalo boleh di ulas juga tentang sablon kaosnya
    sukses bang!

    BalasHapus
  6. gambar meja nya mana yha yg bs buat meng afdruk tapi juga bisa dipakai buat menyablon karna dilengkapi dengan engsel sablon(catok)
    ??

    BalasHapus
  7. mejanya seperti gambar di atas lah...

    BalasHapus
  8. klo untuk sablon gantungan kunci dri bahan resin,jenis obat afruk nya merk apa trus klo untuk cat nya ke media merk apa yg cocok,sms no hp nya ya >< nie no sya 082366916660...trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. media sejenis resin, mika, itu obat afdruknya untuk kertas, seperti ulano 133, untuk catnya untuk kertas juga yg pengencernya reducer M3

      Hapus