ARTIKEL TERBARU

Menghilangkan Pesan “Consider replacing your battery” di Windows 7

Laptop saya tiba-tiba saja muncul tanda silang merah di ikon baterai yang ada di system try disertai dengan notifikasi consider replacing your battery.

Seperti biasa saya langsung saja konsultasi sama mbah Google, ternyata notifikasi itu muncul karena Windows 7 mendeteksi kapasitas baterai di laptop sudah berkurang sekitar 40% dari kapasitas seharusnya dan sudah waktunya diganti, Nah lo?!. Padahal kita semua tahu baterai laptop harganya mahal. Jadi meskipun berkurang lebih dari 40% selama masih bisa digunakan dengan baik, bahkan walau hanya bisa bertahan sekitar 30 menit saja bagi saya belum saatnya di ganti.

Selain itu juga ada laporan kadangkala Windows 7 salah dalam mendeteksi kapasitas baterai laptop, namun terlepas dari akurat atau tidaknya Windows 7 dalam mendeteksi kapasitas baterai. Yang penting bagaimana cara menghilangkan pesan “consider replacing your battery” yang tidak enak dilihat tersebut, ternyata caranya sederhana saja, berikut langkah-langkahnya :

1. Laptop dalam keadaan hidup, charge baterai laptop sampai full. Setelah baterai full matikan laptop namun jangan cabut charger nya.
2. Hidupkan laptop dalam keadaan Safe Mode caranya tekan F8 berulang-ulang sampai muncul Advanced Boot Options. Pilih Safe Mode.
3. Setelah masuk ke Windows Safe Mode, cabut charger baterai laptopnya.
tampilan windows safe mode
4. Biarkan laptop menyala sampai baterai-nya habis dan laptop mati sendiri. Disarankan untuk tidak mengoperasikan laptop biarkan saja menyala sampai laptop mati sendiri.
5. Setelah laptop mati sendiri, pasang kembali charger laptop, kemudian hidupkan laptop secara normal. Perhatikan, apabila berhasil maka pesan “consider replacing your battery” akan hilang.

Ini merupakan suatu cara untuk mengkalibrasi kapasitas baterai laptop. Dengan menyalakan laptop mulai dari awal baterai penuh (kapasitas 100%) sampai habis (kapasitas 0%), maka Windows 7 dapat mengukur kapasitas sebenarnya dari baterai laptop, dan secara otomatis men-setting ulang parameter-parameter yang berkaitan dengan baterai laptop tersebut.

Apabila cara diatas tidak berhasil kemungkinan karena kondisi baterai memang sudah sangat aus atau tingkat keausan baterai (wear level battery) lebih dari 65%, untuk cek wear level battery coba gunakan aplikasi BatteryCare silakan download di sini. 

Cara pakainya sbb: setelah di install > di system tray (kanan bawah) nanti akan ada ikon BatteryCare > dobel klik ikon tersebut nanti akan keluar window BatteryCare-nya > klik Detailed Information untuk melihat wear levelnya.
Demikian semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Tutorial Service Komputer

0 Response to "Menghilangkan Pesan “Consider replacing your battery” di Windows 7"