Toko Alat Sablon

Konversi Gambar Dokumen ke File Teks

Apabila kita ingin menyalin isi buku atau dokumen kedalam komputer kita tidak perlu repot melakukannya secara manual, cukup scan buku atau dokumen tersebut kemudian convert menjadi teks yang bisa di edit. Untuk melakukan hal tersebut kita perlu tool atau software OCR.
 
OCR (Optical Character Recognition) adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menangkap atau membaca text didalam gambar (image) kemudian menerjemahkannya menjadi file text yang dapat di edit sehingga dapat digunakan sebagaimana tulisan biasa. Ada beberapa software yang bisa melakukannya baik software berbayar maupun yang freeware. Namun kali ini kita membahas yang freeware yaitu SuperGeek Free Document OCR. Beberapa fitur yang disediakan antara lain:
  1. Dapat melakukan konversi dari dokumen PNG, PSD, ICO, JPG, JPEG, TIFF, dll.
  2. Terintegrasi dengan scanner, sehingga bisa melakukan scan kemudian langsung melakukan konversi ke text.
  3. Akurasi yang cukup tinggi.
  4. Disediakan berbagai image & Document Tool untuk melakukan perbaikan gambar sebelum di konversi.
  5. Proses konversi relatif cepat, dengan memanfaatkan teknologi multi core CPU.
  6. Bisa menyimpan dalam format Text Document atau Text MS Word.

Berikut cara menggunakan SuperGeek Free Document OCR :

Buka SuperGeek Gratis Dokumen OCR dan klik "Open" apabila gambar sudah tersedia atau klik "Scan.." untuk memilih scanner terhubung ke komputer dan mengaktifkan program scanner dari sistem anda.
 Anda bisa mengklik "Preview" untuk melihat file yang akan discan. Kemudian klik "Scan" untuk melakukan scanning. Beberapa saat kemudian, gambar dipindai ke jendela gambar. Drag mouse untuk memilih bagian dari gambar.
 Klik "OCR" untuk mengambil teks dari seleksi. Teks yang diekstraksi akan ditampilkan dalam jendela teks dalam beberapa detik. Klik jendela teks dan Anda akan menemukan beberapa tool dokumen di atas. "Clear Text Window" adalah untuk menghapus semua teks dan ada "Remove Line Breaks" tombol untuk mengedit lebih mudah. Anda juga dapat mengklik "Copy all Texts to Clipboard" untuk menyalin teks untuk menempatkannya ke dalam aplikasi pilihan Anda.
 Klik "Export Text into Microsoft Word" untuk output teks diekstrak di Word, maka Anda dapat menyimpannya sebagai dokumen Word. (Untuk menyimpan teks diekstrak sebagai Nodepad,. Klik "Save Text".)
Program ini bisa dijalankan di Windowx XP, Vista atau Windows 7 baik 32bit maupun 64bit. Silakan coba dan semoga bermanfaat.

SuperGeekFreeDocument OCR


loading...
loading...

0 Response to "Konversi Gambar Dokumen ke File Teks"