ARTIKEL TERBARU

Aplikasi Penghitung Pembagian Harta Warisan

Pembagian warisan dalam Islam bukan sekedar persoalan membagikan harta peninggalan hingga habis kepada ahli waris. Namun juga membagi harta sesuai dengan kecenderungan fitrah manusia dalam memposisikan harta, pembagian harta warisan memang rumit dan tidak jarang menimbulkan konflik. 

Islam memiliki solusi terhadap hal ini, dalam Islam, ilmu tentang cara pembagian harta warisan biasanya disebut ilmu Faroidh. 

Faroidh adalah jamak dari faridhoh, Faridhoh diambil dari kata fardh yang artinya taqdir (ketentuan). Faroidh secara syar’ie adalah bagian yang telah ditentukan bagi ahli waris. Ilmu mengenai hal itu dinamakan ilmu waris (‘ilmu mawaris) dan ilmu Faroidh, yaitu ilmu tentang pembagian warisan menurut islam berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits, ilmu faroidh merupakan ilmu penting dalam Islam. Meskipun demikian banyak belum diketahui oleh umat Islam itu sendiri. 

Kali ini saya akan share 2 buah aplikasi penghitung pembagian harta warisan yang merupakan buatan  orang Indonesia : 
  • Aplikasi pertama bernama Faroidh buatan Agung Yulianto (disusun berdasarkan kitab fiqih Fiqhus Sunnah karya syaikh Sayyid Sabiq), aplikasinya memang sangat sederhana tapi cukup membantu dalam memecahkan masalah pembagian harta warisan.
  • Aplikasi kedua bernama At-Tashil buatan Ahmad Ruswandi dan kaisansoft.com software ini lebih lengkap dari yang pertama dengan fitur diantaranya : Bagan Ahli Waris, Perincian dan Ringkasan Ilmu Waris.

CATATAN : Software ini hanya sekedar sebagai alat pembelajaran saja, oleh karena itu untuk kehati-hatian, sebaiknya kita juga menanyakan kepada Ulama atau orang yang tahu tentang Ilmu Faraidh. Dengan demikian lebih selamat dan terhindar dari kekeliruan.
Tutorial Service Komputer

1 Response to "Aplikasi Penghitung Pembagian Harta Warisan"