Toko Alat Sablon

9 Cara Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Salah satu kanker yang paling ditakuti adalah kanker payudara. Kanker jenis ini sebenarnya bisa menyerang pria dan wanita, akan tetapi wanita memiliki peluang jauh lebih besar terkena kanker payudara daripada pria.

Jika umur anda sudah berkepala tiga, maka peluang anda terkena kanker payudara akan bertambah besar. Menurut penelitian, wanita dengan umur diatas 30 tahun mempunyai peluang sebesar 1:229 untuk terkena kanker payudara. Peluang ini semakin besar jika wanita telah berumur 40 tahun atau lebih dan menjadi 1:68 dan pada saat telah berumur 50 tahun keatas, peluang terkena kanker payudara menjadi 1:37. Data statistik ini adalah yangterjadi di Amerika dan Eropa, mungkin di indonesia, peluang ini bisa semakin besar atau kecil.

Peluang terkena kanker akan meningkat drastis jika anda saudara seperti saudara perempuan anda, nenek anda, bibi dan bahkan ibu anda ada yang mengidap kanker sebelum umur 50 tahun. Bila salah satu dari saudara anda atau ibu anda terkena kanker, peluang anda terkena kanker menjadi 2x lipat rata-rata dan ini akan menjadi 5x lipat rata-rata jika kedua orang tersebut terkena kanker.

Menurut penelitian sekitar 20%-30% wanita yang terkena kanker juga mempunyai saudara dan ibu yang juga terkena kanker. Sementara yang lain terkena kanker dari banyak faktor seperti mengkonsumsi obat-obatan, pola makan, berat badan dan rokok. Untuk menghindari terkena kanker payudara yang sangat berbahaya, ada banyak cara, diantaranya adalah cara-caranya berikut ini.

1. Lakukan Pemeriksaan Sendiri 
Melakukan pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI menjadi langkah awal mendeteksi kelainan pada payudara. Lakukan SADARI secara rutin, yakni setiap bulan pada hari ke-10 terhitung dari awal menstruasi. SADARI bisa dilakukan perempuan sejak berusia 20 tahun. Karena dengan melakukan pemeriksaan dini inilah, kanker payudara bisa dicegah dari risiko yang lebih tinggi. Cara memeriksa payudara sendiri baca disini !

2. Berolah Raga
Tidak diragukan lagi olah raga membuat badan sehat. Ada banyak macam olah raga yang bisa dilakukan secara indiviudal maupun secara berkelompok. Penelitian membuktikan bahwa banyak olahraga akan mengurangi resiko terkena kanker payudara. Penelitian yang sama menyebutkann bahwa olah raga ringan yang teratur seperti jalan kaki setiap hari selama setengah jam dapat mengurang resiko kanker sebanyak 18%.

3. Menjaga Berat Badan
Seperti anda ketahui, jumlah berat badan berbanding lurus dengan resiko terkena kanker. Itu berarti, semakin berat anda, maka semakin besar peluang terkena kanker. Oleh sebab itu menjaga berat badan sangat penting apalagi jika anda sudah memasuki masa menopause. Menjaga berat badan bisa dengan cara berdiet dan mengatur pola makan yang sehat.

4. Menghindari Lemak
Menurut penelitian, lemak bisa memperparah peluang terkena kanker. Lemak tidak hanya terdapat di daging akan tetapi juga di minyak yang digunakan sehari-hari. Sebaiknya memilih minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh rantai tunggal seperti minyak zaitun yang sangat sehat dan tidak memperbesar peluang terkena kanker payudara.

5. Mengkonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan
Sudah diketahu umum bahwa sayur dan buah sangat sehat karena kandungan vitamin dan zat-zat yang berguna bagi tubuh. Penelitian menyebutkan bahwa anda akan terproteksi dari kanker payudara karena zat yang bernama pigmen karotenoid. Resiko anda terkena kanker payudara bisa meningkat sebanyak 2x lipat jika anda jarang mengkonsumsi sayur dan buah karena pigmen karotenoiod yang anda dapat juga kurang. Oleh sebab itu, selalu makan sayur dan buah setiap kali anda makan.

6. Perbanyak Makan Kedelai dan produknya
Penelitian telah membuktikan bahwa kedelai bisa mengurang resiko terkena kanker payudara. Hal ini disebabkan zat fitoestrogen yang berada dalam kedelai bisa menghambat kanker payudara. Zat fitoestrogen berguna untuk membatasi efek karsinogenik dari estrogen.

7. Menyusui
Menyusui dapat mengurangi secara drastis resiko kanker payudara pada wanita. Dengan menyusui wanita mengurangi kadar estrogen dalam tubuh yang bisa menyebabkan kankerpayudara. Selain itu, menyusui juga membuat bayi semakin sehat dan tumbuh cepat.

8. Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol
Merokok sangat berbahaya baik saat mengandung maupun saat mempunyai bayi. Bahkan kebisaan merokok setiap hari bisa memicu peluang terkena kanker payudara. Hasil penelitian di barat menyebutkan bahwa wanita perokok mempunyai resiko terkena kanker payudara juah lebih besar daripada wanita yang tidak merokok.

Penelitian lain yang sangat mengejutkan menyebutkan bahwa perokok pasif mempunyai resiko terkena kanker payudara lebih besar dari para perokok aktif. Oleh sebab itu, jika disekitar anda banyak asap rokok, lebih baik menghindar saja demi kesehatan anda sendiri.

Minuman beralkohol meskipun hanya dalam jumlah sedikit, dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan angka kejadian kanker payudara meningkat jika mengonsumsi alkohol.

9.Lakukan Pemeriksaan Mammografi
Mammografi adalah pemeriksaan payudara dengan sinar-X. Tujuannya untuk mendeteksi perubahan yang terjadi pada payudara. Mammogram sangat penting karena adanya tumor di payudara bisa segera terdeteksi. Deteksi lebih awal bisa meningkatkan kemungkinan sembuh hingga 98% untuk kanker level ringan. La
kukan pemeriksaan mammografi setahun sekali setelah usia 40 tahun.


loading...
loading...

0 Response to "9 Cara Mengurangi Risiko Kanker Payudara"