Toko Alat Sablon

Cara Alami dan Efektif Menambah Tinggi Badan

Mempunyai tubuh yang ideal merupakan keinginan setiap orang, salah satu hal yang menunjang penampilan seseorang adalah tinggi badan. Dengan tinggi badan yang ideal akan menambah kepercayaan diri juga lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan.

Masa remaja atau pubertas usia antara 8-17 tahun adalah masa di mana hormon pertumbuhan sangat aktif. Saat itulah momen yang tepat untuk mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan. Namun, ada sebuah sumber yang menyatakan bahwa kita masih bisa bertambah tinggi hingga umur 21 tahun.

Faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi badan :
  1. Cukup Gizi. Pastikan kita kecukupan protein, lemak, vitamin (seperti vitamin A dan D) dan mineral (seperti zat besi, kalsium, seng dan yodium) karena sangat mempengaruhi peninggian badan.
  2. Faktor Keturunan juga menentukan tinggi badan seseorang. Orang tua yang memiliki tinggi badan ideal membuka potensi memilik anak dengan tinggi pula.
  3. Hormon pertumbuhan berfungsi merangsang pertumbuhan tulang. Hormon tiroid dibutuhkan untuk dalam melancarkan proses metabolisme tubuh. Hormon seks, yang terdiri dari hormon estrogen, progesteron dan androgen, bertugas dalam proses pematangan seksual.
  4. Dukungan lingkungan. Kurangnya imunisasi, kasih sayang yang cukup dan kebutuhan ekonomi dapat mempengaruhi nafsu makan, kebutuhan kesehatan. Sehingga proses peninggian badan pun terhambat.
Setelah anda mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tinggi badan, bisa kita simpulkan bagaimana cara menambah tinggi badan? inilah cara-caranya menambah tinggi badan secara alami:

1. Tidur Dan Istirahat yang Cukup
Dengan Tidur dapat menenangkan pikiran anda. tidurlah yang dianjurkan setiap hari yaitu 7-8 jam, dengan tidur yang cukup dapat menambah kemampuan tubuh Anda untuk tumbuh secara alami dan dapat mempercepat pertumbuhan tulang-tulang anda sehingga tumbuh tinggi dengan cepat.

2. Makan Setiap hari Secara Teratur
Pola makan yang sehat dan teratur akan berpengaruh pada sitem metabolisme tubuh anda dan nantinya akan berpengaruh pada kesehatan anda dan perkembangan tubuh anda, usahakan makan pada waktu nya guna menambah tinggi badan anda.

3. Olahraga Teratur
Usahakan setelah bangun tidur anda melakukan pemanasan atau lebih baik lagi apabila anda dapat berolahraga dipagi hari minimal 15 menit untuk melemaskan tulang-tulang tubuh anda, hal ini sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan tulang-tulang anda sehingga anda mendapatkan tinggi badan yang di inginkan.

Olahraga yang dapat mengoptimalkan tinggi badan : 
  1. Stretching : gerakan meregangkan badan. Sehingga tulang-tulang punggung tertarik memanjang. Jika gerakan ini dilakukan secara rutin dan intensif maka dapat membantu merangsang penambahan panjang tulang-tulang punggung.
  2. Hanging : bergantung dengan kedua tangan. Gerakan ini sangat merangsang pemanjangan tulang-tulang punggung.
  3. Kicking : menendang-nendangkan kan kaki. Gerakan ini merangsang pertumbuhan tulang kaki sehingga memanjang secara optimal.
  4. Biking : bersepeda dapat merangsang pertambahan panjang kaki. Menapak pedal secara rata, tidak jinjit. Punggung tegap, tidak membungkuk. Jika setiap hari bersepeda dalam jarak yang cukup jauh, dapat membantu merangsang pertambahan panjang kaki.
  5. Swimming : pada waktu berenang, seluruh badan mengalami peregangan dari badan sampai ujung kaki. Disamping itu, gerakan renang hampir melibatkan semua otot-otot tubuh.
  6. Basket atau Voli : sangat baik merangsang pertumbuhan badan. karena tubuh sering melakukan loncatan-loncatan keatas. Loncatan melawan gravitasi, menimbulkan peregangan pada seluruh tubuh.
Jangan berolahraga angkat berat pada usia pertumbuhan, bila ingin fitness dan mencoba latihan angkat beban lakukan saat pertumbuhan tinggi badan sudah berhenti yaitu pada usia 16 pada anak perempuan dan usia 18 pada anak laki-laki. Tapi tiap-tiap orang bisa berbeda.

4. Hindari Pikiran Stress
Hindari pikiran Stress setiap hari karena ini merupakan ketegangan mental yang melebihi kondisi biasanya, dengan stres banyak penyakit yang bisa ditimbulkan, seperti sakit perut kemudian mimpi aneh dan alergi parah, timbulnya jerawat, dll. Apabila hal ini berlanjut maka secara otomatis akan mempengaruhi proses pertumbuhan badan anda.

5. Minum Susu Kalsium
Minum susu segar atau susu alami baik juga atau beli susu kemasan berkalsium tinggi (high calsium) yang banyak dijual di pasaran.

6. Cukupi Gizi dan Vitamin Harian
Tidak ada salah nya anda mencoba menambah tinggi badan dengan cara menggunakan atau mengkonsumsi suplemen ataupun minum susu peninggi badan atau minum vitamin D setiap hari. Vitamin D merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan tulang selain kalsium. Sumber vitamin D bisa diperoleh dari sinar matahari pagi maupun dari sumber makanan seperti Minyak ikan, susu, udang, Sereal, keju swiss, tiram, telur, salmon, jeruk, dll.

7. Hindari makanan yang mengandung pestisida
Menurut suatu penelitian di spanyol, penggunaan pestisida seperti DDT dikatakan bisa menghambat pertumbuhan. Apabila anda membeli sayuran atau buah cucilah terlebih dahulu sampai bersih meskipun tampilannya bersih supaya pestisida yang menempel bisa terbawa air.

8. Terus Berusaha dan Berdoa
Proses terakhir setelah berusaha adalah berdoa, karena dengan berdo'a insya Allah keinginan anda bisa terkabul.


loading...

0 Response to "Cara Alami dan Efektif Menambah Tinggi Badan"