Toko Alat Sablon

Cara Menepis Keraguan Sebelum Menikah

Ketika Anda dan pasangan sudah memutuskan untuk menikah, kadang kala mucul keraguan dalam diri secara tiba-tiba ketika hari yang besar tersebut semakin dekat untuk dilangsungkan. Hal tersebut memang dipandang wajar, karena selanjutnya akan ada perubahan besar yang terjadi pada diri Anda.

Yang menjadi masalah adalah jika keraguan tersebut tidak kunjung hilang dari pikiran Anda. Jika memang sudah yakin dengan sang calon pasangan, maka Anda perlu melakukanbeberapa langkah agar dapat meyakinkan diri dalam melangkah ke pelaminan. Simaklah penjelasan berikut, seperti dikutip dari Getwed.

Cerita dengan orang terdekat
Sebelum mengambil tindakan yang mungkin Anda sesali nanti, ceritakanlah keraguan Anda kepada teman atau kerabat terdekat. Jika hal itu tidak cukup, Anda bisa berkomunikasidengan pasangan. Utarakan hal tersebut jauh hari sebelum pernikahan, dan Anda harus mempersiapkan diri untuk menerima reaksi darinya.

Jujur pada diri sendiri
Mungkin selama ini Anda terbuai dengan indahnya lamaran atau persiapan pernikahan yang sangat menyita waktu, sehingga memunculkan keraguan didetik-detik menjelang pernikahan. Maka, jujurlah pada diri Anda sendiri dan pasangan. Apakah memang ini yang Anda inginkan. Bicarakan dengannya apa yang Anda rasakan. Pernikahan bukan hanya untuk menyenangkan orangtua atau pasangan, namun Anda perlu memastikan diri untuk komitmen besar ini.

Datang ke konsultan pernikahan
Mintalah saran pada konsultan atau psikolog pernikahan ketika Anda merasa ragu. Menemui mereka adalah langkah yang tepat, karena mereka pihak yang netral dan dapat memberikan saran dan bimbingan secara profesional. Saran yang diterima akan membantu Anda dalam mengambil keputusan yang tepat. Jangan mengambil keputusan dalam keraguan, karena akan berdampak buruk untuk kehidupan Anda selanjutnya.

Temukan alasan menikah
Berada dalam hubungan yang sudah cukup lama dapat menghilangkan alasan mengapa Anda bersedia menikah dengan pasangan. Janganlah menikah dengan alasan bahwa pernikahan adalah keharusan karena sudah berpacaran lama. Dengan menyadari bahwa pernikahan harus didasari cinta dan komitmen, maka ini akan menghilangkan keraguan dalam diri Anda.

Istirahat sejenak
Persiapan pernikahan yang menguras tenaga dan waktu dapat membuat Anda merasa jauh dari pasangan, yang kemudian memunculkan kebimbangan untuk menikah. Kosongkan jadwal Anda dari persiapan pernikahan dalam seminggu dan pergilah bersama pasangan ketempat pertama kali bertemu, atau hanya sekadar mengunjungi tempat spa yang sudah lama tidak Anda lakukan.

Ambil keputusan yang terbaik
Jika ternyata yang Anda rasakan lebih dari sekadar keraguan, maka ambillah keputusan yang terbaik. Lebih cepat maka lebih baik. Jika Anda serius ingin membatalkan pernikahan maka persiapkanlah segalanya, seperti pembatalan acara, tempat, katering, musik pengiring, dan yang paling berat adalah memberitahukan kepada keluarga dan para tamu undangan.

Pernikahan memang bukanlah perkaran mudah. Tentu tidak ada satu pasangan pun yang ingin pernikahan mereka berakhir dengan perceraian. Maka, pikirkanlah dengan matang sebelum Anda mengambil keputusan yang nantinya malah akan Anda sesali di kemudian hari.

loading...

0 Response to "Cara Menepis Keraguan Sebelum Menikah"