Toko Alat Sablon

Cara Mudah dalam Merawat Komputer

Merawat komputer merupakan hal yang biasanya kurang begitu mendapat perhatian dari sebagian besar pemilik atau pengguna komputer itu sendiri. Biasanya kita baru sadar pentingnya perawatan komputer, setelah komputer yang kita pakai mengalami kerusakan. 

Sebenarnya merawat komputer merupakan tindakan rutin yang sudah seharusnya dilakukan para penguna komputer untuk tetap menjaga performa komputer dalam kondisi terbaik. Tentang cara merawat hardware komputer yang bisa diterapkan pada semua jenis desktop komputer dan cara merawat software komputer khususnya bagi Anda yang mempunyai komputer dengan sistem operasi Windows. 

Cara Merawat Hardware Komputer
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan tindakan perawatan terhadap komponen hardware komputer, seperti:


1. Menempatkan Komputer pada tempat dengan aliran sirkulasi udara yang baik. Hal ini sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya overheat hardware komputer.


2. Membersihkan debu secara rutin yang masuk dan menempel pada komponen hardware dalan casing CPU. Pembersihan dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan kuas dan vacuum cleaner atau lebih baik lagi menggunakan angin dari kompresor sehingga pembersihan debu bisa maksimal. Tindakan ini dilakukan beberapa bulan sekali tergantung kondisi tiap-tiap komputer.

3. Menggunakan Stabilizer agar aliran listrik yang masuk ke Power Supply senantiasa terjaga kestabilannya. Atau lebih baik lagi kalau menggunakan UPS (Uninteruptable Power Supply) sehingga bisa menjaga komputer dari kehilangan power listrik secara tiba-tiba.


Cara Merawat Software Komputer
Yang kedua dan tidak kalah pentingnya tentu saja adalah merawat software atau system operasi komputer. Ada beberapa tindakan perawatan komputer secara software yang dapat kita lakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Membackup system komputer.
Membackup system komputer lebih dimaksudkan sebagai tindakan preventif maintenance, agar kita lebih mudah merecovery system ketika terjadi kerusakan. Untuk membackup system ini bisa menggunakan bantuan software Macrium Reflec Free Edition, EaseUs ToDo Backup atau cukup dengan menjalankan utility System Restore (Create Restore Point) sebelum dan sesudah menginstall suatu aplikasi.

2. Menginstall dan Menjalankan Scan Komputer dengan Antivirus.
Installah sebuah Antivirus dan lakukan Scan Komputer dengan Antivirus tersebut secara berkala. Disini Anda bisa menggunakan Free Antivirus seperti Avira, Avast, AVG, dan lain-lain yang terbukti cukup ampuh melindungi komputer dari infeksi virus. Selain itu gunakan juga Malware Scanner lainnya seperti Malwarebyte atau Norman Malware Cleaner untuk memastikan komputer terbebas dari virus dan malware lainnya.

3. Lakukan Update Windows, Update Antivirus dan Software lainnya.
Secara otomatis atau manual, lakukanlah update terhadap Windows, Antivirus dan software lainnya seperti Ms Office, Browser, Java dan aplikasi lainnya, sehingga selain menutup celah keamanan kita juga bisa menggunakan fitur terbaru dari berbagai aplikasi tersebut.

4. Lakukan Optimasi System.
Untuk melakukan optimasi System ini kita bisa menggunakan beberapa tools bawaan windows seperti berikut :

▪ Disk Clean Up, untuk melakukan pembersihan file-file yang sudah tidak diperlukan.
▪ Check Disk, untuk memeriksa dan memperbaiki system file pada hardisk.
▪ Disk Defragmenter, untuk melakukan optimasi hardisk dengan cara menyusun ulang file-file yang "berserakan" pada hardisk.

Selain menggunakan tool bawaan Windows, untuk lebih memudahkan perawatan dan optimasi system kita juga bisa menggunakan software-software untuk optimasi windows yang bisa dicari di internet.

loading...
loading...

2 Responses to "Cara Mudah dalam Merawat Komputer"

  1. Yang sering saya lakukan cuma point ke 2 dan ke 3, kalau yang lain nggak pernah :D

    BalasHapus
  2. cara nya memang markotop, saya juga pke cara sperti ini dari dulu. intinya perawatan harus selalau ad. w

    BalasHapus