Toko Alat Sablon

9 Cara Alternatif Mengobati Sariawan

Sariawan yang disebut juga dengan Stomatitis merupakan radang yang menyerang bagian mulut, seperti di rongga mulut, bibir, lidah, gusi, atau bahkan di langit-langit mulut. 

Penyebab sariawan yang biasa antara lain, karena stres, ada luka pada bagian mulut, alergi terhadap makanan tertentu, siklus haid pada wanita, sering minum antibiotik atau asam dalam jumlah banyak juga bisa memicu sariawan.

Meski bukan jenis penyakit yang berbahya, namun keberadaannya sering mengganggu kenyamanan saat makan. Disamping itu sariawan dapat mengakibatkan perdarahan, serta terjadi bengkak yang biasanya berwarna merah. Berikut adalah pengobatan alternatif untuk menyingkirkan sariawan, bahan-bahan yang ada di rumah bisa menjadi cara mudah untuk mengobati sariawan:

1. Daun Saga. Buatlah air rebusan daun saga, kemudian minum air rebusan tersebut setelah dingin. Kandungan vitamin C pada daun saga terbukti efektif menyembuhkan sariawan yang membandel. Jika Anda tidak menyukai rasa khas dari daun saga, menambahkan madu murni juga bisa menjadi pilihan. 

2. Kunyit. Anda bisa berkumur dengan dua ruas parutan kunyit yang sebelumnya telah ditambahkan segelas air. 

3. Daun Jambu Biji. Resep lainnya, Anda dapat mencoba meminum atau berkumur dengan air rebusan beberapa lembar daun jambu biji. 

4. Air Kelapa Hijau. Anda cukup menikmati kesegaran air kelapa hijau dengan meminumnya tanpa campuran apapun. 

5. Madu Asli. Oleskan madu tepat di bagian mulut yang terkena sariawan. Jika sulit dijangkau, menelan segelas air yang ditambahkan madu juga tidak kalah ampuh. 

6. Daun Sirih. Ambil dua lembar daun sirih yang segar, cuci bersih lalu kunyah hingga lumat. Diamkan pada bagian luka beberapa saat. 

7. Bawang Mentah atau PepayaMenerapkan langsung obat ke luka sariawan juga dapat mempercepat proses penyembuhan. Dengan mengoleskan bawang mentah atau pepaya langsung pada luka sariawan.

8. Baking Soda. Campur baking soda dengan air yang dijadikan obat kumur atau pasta untuk melapisi luka sariawan. Baking soda akan membantu menghilangkan bakteri di dalam mulut dan mengurangi rasa sakit.

9. Minum Yogurt membantu keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh. Hal ini akan mempercepat penyembuhan dan membantu mencegah sariawan. Untuk merasakan hasilnya, pastikan yogurt mengandung acidophilus hidup.


loading...

0 Response to "9 Cara Alternatif Mengobati Sariawan"