Toko Alat Sablon

Cara Menambah Berat Badan dengan Aman


Berat badan kurang atau underweight memang jarang dipandang sebagai suatu masalah seperti halnya kegemukan. Padahal, berbadan kurus juga berisiko mengalami gangguan kesehatan dan tentu saja bisa membuat kepercayaan diri berkurang. 

Ada banyak teori mengapa seseorang bisa memiliki tubuh kurus, mulai dari faktor keturunan, pola makan sedikit, hingga karena faktor stres. Beberapa jenis penyakit juga bisa membuat berat badan sulit bertambah, misalnya gangguan tiroid.

Berat badan terlalu kurus bisa menyebabkan tubuh kekurangan energi, kekurangan nutrisi, sistem kekebalan tubuh lebih lemah, berisiko osteoporosis, gangguan menstruasi, hingga komplikasi saat hamil.

Seperti halnya untuk menurunkan berat badan, upaya menggemukkan badan sebaiknya dilakukan dengan cara yang sehat, yakni meningkatkan asupan makanan bergizi dan tetap berolahraga. 

Obat-obatan untuk menggemukkan badan sebaiknya dihindari karena umumnya hanya meningkatkan nafsu makan. Berikut adalah beberapa cara-caranya untuk membuat badan lebih berisi secara sehat dan aman. 

▪ Buat jurnal pola makan
Tuliskan jenis makanan dan waktu Anda makan setiap hari selama beberapa minggu untuk mengetahui pola makan Anda dan mengidentifikasi kapan perlu menambah kalori.

▪ Tambahkan kalori
Coba menambahkan ekstrakalori sekitar 200 setiap hari pada awalnya. 

▪ Fokus pada kualitas, bukan kuantitas
Meski Anda sedang berupaya untuk gemuk, keripik, soda, milkshake, atau cake bukan pilihan yang tepat untuk sering dikonsumsi. Lebih baik pilih makanan yang kaya nutrisi, seperti kacang-kacangan, buah dan sayuran, serta protein tanpa lemak.

▪ Makan lebih sering
Jangan pernah melewatkan waktu makan. Sebaiknya Anda makan sekitar 5-6 kali dalam sehari dengan jumlah kalori ditambah sedikit dari total kalori harian. 

▪ Camilan padat
Pilihlah camilan yang padat kalori di sela waktu makan, seperti jus alpukat, kacang-kacangan, buah, atau minuman berkalori seperti makanan cair siap minum untuk mereka yang berdiet.

▪ Makan sebelum tidur
Proses regenerasi dan penyembuhan terjadi saat kita tidur sehingga makan sebelum tidur akan memberi tubuh nutrisi yang diperlukan untuk bekerja. Tetapi, perhatikan jenisnya, pilih sayuran atau roti isi dengan daging tanpa lemak.

▪ Target yang jelas
Seperti halnya upaya pelangsingan, usaha menggemukkan badan juga perlu proses dan terkadang berjalan lambat. Kesabaran sangat penting di sini. Tanda-tanda berat badan Anda mencapai ideal adalah bertambahnya energi, pola rasa lapar yang lebih stabil, serta tubuh terasa lebih bugar.

loading...

0 Response to "Cara Menambah Berat Badan dengan Aman"