Toko Alat Sablon

Cara Menerapkan Pola Asuh yang Positif Pada Anak


Sudah menjadi kewajiban setiap orangtua untuk memastikan anak-anak kelak mampu mengelola dirinya sendiri dengan baik. Oleh sebab itu, kita harus menjadikan mereka sebagai individu yang mandiri dan bertanggung jawab melalui pengasuhan yang positif. Bagaimana cara-caranya ? Berikut panduannya, seperti yang dilansir dari onlymyhealth.

▪ Memiliki sikap
Peran Anda sebagai orangtua sangat penting. Satu kelalaian apapun dapat merusak masa depannya. Anak-anak menganggap orangtua mereka sebagai panutan dan erat mengamati cara di mana mereka berperilaku, bertindak, bereaksi dan berkomunikasi. Dengan penanganan pendekatan yang positif, Anda akan menggambarkan ide-ide dan cara-cara tindakan mereka di masa depan. Komunikasikan kepada anak-anak bagaimana cara tepat menghadapi masalah dan kekhawatiran. Berikan solusi tepat kepada mereka dan jangan pernah berteriak atau membentaknya.

▪ Menanamkan disiplin
Tugas utama dari orangtua adalah mengajarkan rasa hormat, ketepatan waktu, kejujuran dan kebenaran kepada anak-anak. Pembinaan disiplin pada anak-anak tidak mengharuskan Anda berteriak atau memaksa ide-ide Anda pada mereka. Jika anak salah, jangan menghukum mereka sebagai gantinya, berbicara dengan mereka dan mengevaluasi kesalahannya.

▪ Menunjukkan ketegasan
Mengkomunikasikan ide kepada anak adalah cara sederhana yang penuh dengan kasih dan kebaikan. Luangkan banyak waktu bersama mereka untuk menampilkan kecintaan, kepedulian dan kekhawatiran. Cara ini akan menyadari mereka apa yang berarti bagi Anda. Hindari membuat janji-janji palsu kepada anak-anak, tapi berikanlah komitmen.

▪ Membedakan peran orangtua dan teman
Untuk membangun sikap positif pada anak-anak, sebaiknya Anda mulai belajar membedakan kapan saat tepat Anda perlu menjadi teman bagi anak-anak dan saat tepat menjadi orangtua mereka. Ada saat-saat dimana anak-anak membutuhkan kekuatan pengendali untuk mengetahui jalan kehidupan seperti apa yang harus mereka lalui.


loading...

0 Response to "Cara Menerapkan Pola Asuh yang Positif Pada Anak"