Toko Alat Sablon

Cara Mengajari Sopan Santun Anak

Perilaku seseorang terhadap orang lain bisa mencerminkan kepribadian orang itu, sopan santun adalah hal bagus yang kita inginkan agar tertanam dalam diri anak-anak kita. 

Karena sopan santun akan menjadi ciri dari keseluruhan kepribadian orang yang memilikinya, jika sopan santunnya baik, maka kemungkinan besar kepribadian yang dimilikinya baik pula, begitu pun sebaliknya. 

Jika tidak punya sopan santun atau kurang bersopan santun, bisa jadi kepribadiannya juga kurang bagus. Selain itu, sopan santun yang ditunjukkan anak bisa menjadi penentu keberhasilan orang tua atau guru dalam mengajarkannya sopan santun. Oleh karena itu, mengajari sopan santun sejak dini pada anak menjadi sebuah hal yang harus dilakukan.

Beberapa cara-caranya mengajari sopan santun pada anak, antara lain:

1. Tunjukkanlah dan dengarkanlah kata-kata dan tindakan yang baik dan santun kepada anak anda semenjak kecil, termasuk jika anak anda baru mulai mendengar. Apa yang didengarnya akan terus membekas dan teringat selalu sampai dia bisa bicara.

2. Ajarkan disiplin sejak dini, mulai dari disiplin dalam mengatur waktu, disiplin dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya. Hal ini akan menjadikannya sebagai orang disiplin dan mengetahui sopansantun dengan kedisiplinannya.

3. Setelah anak anda beranjak besar dan mencapai usia balita, maka teruskanlah untuk menunjukkan dan memperdengarkan kata kata yang baik dan sopan. Jangan pernah perdengarkan mereka kata kata yang kurang sopan dan tidak pantas untuk dikatakan.

4. Berikan konsekwensi pada anak berupa hukuman yang sifatnya mendidik saat anak anda berbuat sesuatu yang kurang sopan ataupun tidak sopan, baik pada orang tua, guru dan orang lainnya. Pastikan hukuman yang diberikan tidak akan menyakiti anak secara fisik ataupun hati.

Pastikan bahwa hukuman yang diberikan adalah bertujuan untuk membuatnya faham bahwa tindakan kurang sopan dan tidak sopan adalah tindakan yang tidak disukai dan tidak bagus.

5. Mulailah beri dia tanggung jawab di keluarga anda dan biarkan anak anda belajar untuk mengembannya, sejak anak Anda masih kecil sekitar umur 10 tahun.

6. Anda sebagai orang tua, wajib menjadi contoh dan teladan bagi anak anda, perlihatkanlah tindakan bersopan santun yang seharus dilakukan, perdengarkanlah perkataan yang baik yang bersopan santun.

7. Di luar rumah, awasi kegiatannya, dan berikan penjelasan dari setiap perlakuan, tindakan dan ucapan yang didengarnya di luar rumah mana yang bagus untuk ditiru karena salah satu cara bersopan santun dan mana yang tidak bagus dan kurang bersopan santun.

Itula beberapa cara mengajarkan sopan santun anak. Jika anak anda dibiasakan untuk bersopan santun sejak kecil, maka kebiasaannya akan terbawa dan terbiasa hingga anak tersebut tumbuh dan berkembang.

Sehingga hal itu bukanlah sebuah hal yang harus diingat dan dipaksakan lagi, melainkan sudah menjadi kebiasaan.


loading...

0 Response to "Cara Mengajari Sopan Santun Anak"