Toko Alat Sablon

Cara Mengobati Sendiri Wasir / Ambeien

Wasir atau ambeien adalah varises yang terletak di sekitar anus, akibat dari pelebaran pembuluh darah vena didaerah sekitar anus.

Ambeien yang dalam bahasa Inggris disebut hemorrhoids masih dibagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu ambeien internal dan eksternal. Untuk wasir eksternal, letaknya berada diluar lubang anus.

Sedangkan wasir internal, letaknya berada disekitar rektum dan wasir jenis ini sewaktu-waktu dapat berubah menjadi wasir eksternal jika pembengkakannya terlalu parah. Kedua-duanya, sama-sama sangat menyiksa dan menderita bagi para penderitanya.

Memiliki ambeien sangatlah menyakitkan, bahkan benar-benar menyiksa. Mulai dari duduk yang tak nyaman sampai sakit saat buang air besar (BAB). Walau bukan penyakit yang dapat membuat kematian, tapi bagi para perderita ambeien benar-benar merasa terganggu. 

Penyebab Ambeien
  1. Terlalu lama duduk, biasanya para pekerja kantoran yang sering duduk lebih mudah terkena ambeien.
  2. Sembelit yang terlalu lama, feses anda yang terlalu keras dapat mengakibatkan wasir karena saat BAB anda membutuhkan tekanan lebih keras dan lubang pada anus yang terlalu sempit. Sehingga pembuluh vena anda mudah mengalami pembengkakan.
  3. Keturunan, walaupun jarang wasir karena faktor keturunan tapi ada beberapa penemuan yang membuktikan bahwa wasir juga dapat diakibatkan oleh keturunan.
  4. Pada saat hamil, ini juga sering ditemui pada ibu hamil karena seiring bertambahnya sang janin maka tekanan pada bagian bawah sang ibu semakin besar. Apalagi jika sang ibu sering mengejan saat buang air.
  5. Diare yang berkepanjangan, diare yang terlalu lama membuat lubang anus tak elastis lagi dan lebih mudah menderita wasir.
  6. Akibat penyimpangan seksual, seperti hubungan sesama jenis ataupun hubungan melalui lubang anus.
  7. Terlalu sering mengejan, biasanya mengejan dilakukan ketika kotoran yang terlalu keras dan mebutuhkan tekanan untuk mendoron feses tersebut keluar. Nah, akibat seringnya mengejan mengakibatkan pembuluh vena mudah mengalami pembengkakan.
  8. Akibat penyakit yang berhubungan dengan anus, seperti kanker usus dan infeksi dubur.
Gejala Ambeien
  1. Sakit pada bagian anus, ini adalah gejala umum yang paling sering ditemui. Jika anda sudah merasakan gejala sakit dibagagian anus, segera periksa ke dokter.
  2. Pendarahan pada dubur, jika sudah mulai mengeluarkan darah berarti anda memang sudah benar-benar memiliki ambeien atau wasir.
  3. Anemia, akibat darah yang sering keluar saat BAB juga dapat membuat anda mengalami anemia.
  4. Gatal, rasa gatal pada saat terkena wasir biasanya diakibatkan oleh bakteri yang mudah menyerang area dubur anda dan membuat anda merasa gatal.
Cara Mengobati Ambeien
Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya? Berikut adalah cara-caranya yang bisa Anda lakukan untuk meringankan wasir Anda.

 Ambillah obat penghilang rasa sakit dan anti-inflamasi untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Anda dapat mengambil tablet oral, krim oles atau supositoria anus, biasanya krim ini bisa didapatkan di apotik-apotik terdekat. Pemberian gel lidah buaya (aloe vera) pada area dubur juga dapat membantu mengurangi peradangan.

 Bersihkan area dubur dengan baik setiap selesai buang air besar. Anda tidak perlu menggunakan sabun karena dapat meningkatkan iritasi. Untuk mengeringkan daerah sekitar wasir, Anda bisa menggunakan tisu lembut yang biasa digunakan untuk bayi.

 Kurangi rasa nyeri dengan duduk dalam air hangat (sitz bath) tiga atau empat kali sehari selama 10 sampai 15 menit. Anda juga dapat menerapkan kantung es atau kompres dingin pada daerah dubur selama sekitar sepuluh menit, tiga atau empat kali sehari untuk mengurangi pembengkakan pembuluh darah.

Jika wasir Anda sangat menyakitkan, tidak merespon perawatan sendiri atau sering kambuh lagi, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter Anda.

Cara Mencegah Ambeien
  1. Mengkonsumsi makanan berserat, makanan berserat banyak terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan serta juga rumput laut.
  2. Minum air yang cukup, air yang cukup dalam tubuh anda dapat membantu pencernaan dalam mencerna makanan.
  3. Jangan duduk terlalu lama, apabila anda memang harus duduk untuk waktu yang lama karena sebuah tuntutan, maka anda dapat menyiasatinya dengan beristirahat 2 jam sekali selama 15 menit. Selain itu, pastikan tempat duduk kursi anda harus dalam keadaan keras.
  4. Jangan mengejan, usahakan untuk jangan mengejan terlalu kuat saat BAB, untuk menyiasatinya usahakan untuk jangan menahan buang air besar karena dapat mebuat feses anda mengeras.
Demikian cara mengobati ambeien/wasir yang bisa Anda lakukan sendiri serta cara pencegahaannya, semoga segera dapat membantu anda mengobati penyakit yang membuat anda menderita selama ini.

loading...

0 Response to "Cara Mengobati Sendiri Wasir / Ambeien"