Toko Alat Sablon

Cara Kontrol Nafsu Makan Berlebih dengan Mudah


Nafsu makan yang berlebihan tentunya tidak baik bagi kesehatan. Jika kebiasaan ini berjalan dalam waktu lama dan yang Anda makan adalah makanan berlemak tinggi, Anda akan berisiko mengalami obesitas. Untuk mengatasinya, Anda harus mengurangi nafsu makan berlebih yang dapat mengganggu diet Anda.

Namun jangan khawatir, karena ada beberapa cara-caranya yang bisa Anda lakukan untuk memonitor dan mengurangi nafsu makan Anda:

• Bertanya Pada Diri Sendiri
Untuk kebanyakan orang, makanan bukanlah menjadi alasan untuk menaikkan bobot tubuh tapi lebih ke arah hanya sekedar di antara mengunyah dan mengemil. Para ahli menekankan tipe makan seperti ini tidak berhubungan dengan rasa lapar, tapi berlaku pula pada saat bosan atau stres atau rutinitas sehari-hari. Ada satu penangkal yang sederhana: tanya diri Anda sendiri secara jujur, untuk apa Anda memasukkan makanan ke dalam mulut. Jika rasa lapar bukan alasan utamanya, segera hentikan.

• Cari Rutinitas Baru
Jika banyak makan itu akibat bosan, stres dan rutinitas, apa yang harus dilakukan ketika bosan, stres atau butuh suatu rutinitas? Jawabannya mudah: jalan-jalan, nyalakan musik, telpon teman Anda, baca majalah favorit. Apa saja yang memberi Anda kesenangan dan relaksasi. Jika Anda bisa menciptakan satu rutinitas baru untuk menghadapi hari demi hari tetapi tanpa melibatkan makanan, ini sudah merupakan suatu langkah tepat untuk mengurangi berat badan.

• Menyalakan Lampu
Ketika Anda masuk dalam dapur di malam hari, nyalakan semua lampu yang ada. Irvine, seorang peneliti dari "University of California" mengatakan Anda akan merasa berada dalam sorotan kalau diterangi banyak lampu. Perasaan berada dalam sorotan ini membuat Anda punya kesadaran tambahan dan tidak akan sembarangan melakukan perbuatan yang tidak perlu, seperti melahap es krim misalnya.

• Gunakan Lilin Beraroma
Lain kali Anda ingin mengemil, nyalakan lilin beraroma. Penelitian menunjukkan aroma tertentu dapat menahan nafsu makan. Aroma yang berguna dengan baik untuk ini yaitu apel, peppermint dan pisang.

• Tekan Nafsu Makan
Anda tidak akan menemukan saran ini di perpustakaan obat-obatan nasional, tetapi ketika Anda merasa tidak berdaya melawan nafsu makan Anda, coba cubit area kecil dari tulang rawan, tempat dimana rahang Anda menempel tepat di bawah telinga, yang mana beberapa ahli akunpuktur mengatakan kalau itu adalah titik pengendalian nafsu makan. Lakukan ini selama setengah menit.

• Makan Makanan Yang Cepat Mengenyangkan
Untuk makan lebih sedikit waktu makan dan mengemil, pilihlah makanan yang memiliki tingkat kekenyangan tinggi, yang mana berarti lebih mengenyangkan dibanding makanan lain. Anehnya meski makanan berlemak itu enak dan membuat Anda kenyang, mereka tidak memiliki nilai tinggi dalam skala mengenyangkan karena kita cenderung ingin terus makan lagi.

Beberapa makanan yang mengenyangkan yaitu: popcorn, selai kacang, kentang, pasta coklat, kacang hijau matang, anggur dan jeruk.


loading...

0 Response to "Cara Kontrol Nafsu Makan Berlebih dengan Mudah"