Toko Alat Sablon

Cara Membedakan Bakso Babi dan Bakso Sapi

Beberapa hari belakangan ini kita dihebohkan dengan berita ditemukannya bakso yang menggunakan campuran daging babi pada baksonya, tentu saja meresahkan Anda terutama bila Anda adalah pecinta bakso.

Mahalnya daging sapi menjadi alasan para penjual bakso mencampur bahan baku pembuat bakso sapi dengan daging babi. Karena harga daging babi lebih murah dari daging sapi.

Jelas, tindakan ini tak bisa dibenarkan. Baik dari segi hukum Islam ataupun peraturan pemerintah yang berlaku. Kondisi ini menuntut konsumen bakso, terutama warga Muslim, harus lebih berhati-hati.

Lalu, bagaimanakah tindakan preventive yang bisa dilakukan untuk membedakan antara bakso yang terbuat dari daging sapi murni dan bakso yang memakai campuran daging babi di dalamnya? Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan untuk mengetahui perbedaan antara bakso sapi dan bakso babi. Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa hal berikut ini.

• Cermati aromanya
Bau daging yang dihasilkan oleh sapi dan babi tentu berbeda. Setelah bakso daging babi direbus di dalam panci, biasanya bau daging babi lebih amis, sedangkan daging sapi aromanya khas dan tidak menimbulkan bau menyengat. Sayangnya, ciri-ciri tersebut agak sulit dikenali bila daging sudah diolah dan dicampur dengan bahan yang lain.

• Cermati teksturnya
Daging babi sangat kaya lemak, berbeda dengan daging sapi. Lemak yang terkandung dalam daging sapi lebih sedikit. Akibat kandungan lemak yang berlebih itu maka bila daging babi dibelah, akan mengeluarkan minyak. Kebanyakan lemak juga yang menyebabkan tekstur daging babi lebih licin dibandingkan daging sapi yang kesat.

• Cermati Warnanya
Ketika dibelah warna daging babi lebih merah dibandingkan daging sapi yang kecokelatan.

• Cermati rasanya
Jika bakso tersebut sudah tercampur degan daging babi, maka rasanya pun sedikit berbeda. Bakso tersebut, saat dikonsumsi akan terasa lebih gurih. Namun, ada juga pedagang bakso yang licik dengan menambahkan bawang putih untuk menghilangkan ciri khas bau daging babi tersebut.

• Perbedaan harga
Anda patut mencurigai harga bakso yang dijual murah di pasaran. Bakso oplosan yang dijual pasaran itu bisa saja mengandung babi karena dijual murah. Bakso oplosan biasanya dijual seharga Rp. 300 hingga Rp. 1.500 per butir, sesuai ukuran. Sedangkan, bakso sapi ukuran terkecil biasanya dijual dengan harga Rp. 1000 per butir. Agar tidak tertipu bakso tersebut mengandung babi atau tidak, alangkah baiknya membeli bakso yang sudah dikemas saja dan terdapat tulisan halalnya.

loading...

0 Response to "Cara Membedakan Bakso Babi dan Bakso Sapi"