Toko Alat Sablon

Cara Mengobati Batuk dengan Resep Alami

Batuk adalah salah satu mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak.
Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.

Apabila anda batuk tidak ada salahnya mencoba resep alami obat batuk tradisional yang sudah sejak lama digunakan orang-orang tua kita dulu. Berikut bahan dan cara-caranya membuat ramuan obat batuk tradisional. 

▪ Jeruk Nipis dan Kecap
Tentu semua sudah tau ramuan ini, campurkan 1 buah jeruk nipis yang sudah di peras dicampurkan dengan kecap dalam 1 sendok makan. minum secara teratur 2 - 3 kali sehari hingga batuk sembuh. 

▪ Madu dan Lemon
Campuran madu serta lemon sudah dipercaya dari turun-temurun untuk menyembuhkan batuk. Anda dapat mencampur 1 sendok teh madu, 1-2 sendok teh sari lemon ke dalam segelas air hangat. Minum sehari minimal satu kali sampai batuk benar-benar pergi.

▪ Teh Jahe
Di Asia, teh herbal, teh jahe, atau jenis teh lainnya sering dimanfaatkan untuk mengatasi batuk. Salah satu bahan yang ampuh mengobati batuk adalah jahe. Sediakan 2-3 irisan jahe yang telah dicuci bersih, seduh dalam teh hangat. Baik diminum dua hingga tiga kali sehari.

▪ Kunyit, Madu dan Susu
Tambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk dan madu ke dalam satu gelas susu. Kunyit mempunyai khasiat alami yang bisa menghilangkan batuk.

▪ Madu dan Lada Putih
Coba minum satu sendok teh madu yang ditambah sedikit taburan lada putih 2-3 kali sehari. Dipercaya bahan ini dapat menyembuhkan batuk.

▪ Daun Kemangi
Buat ramuan dengan menggunakan kemangi. Daun beraroma khas itu dapat mengatasi beberapa penyakit, termasuk batuk. Sediakan 1-2 gelas air putih, 2-3 daun kemangi, dan rebus menjadi satu. Minum ramuan hangat ini supaya batuk lekas hilang.

▪ Daun Mint
Ketika mendengar daun mint pasti anda akan membayangkan rasanya yang melegakan dimulut. Tak hanya itu, ternyata daun mint juga dapat mengobati batuk secara alami, caranya hampir sama seperti seperti membuat teh. Gunakan daun mint yang sudah dikeringkan sebanyak ketika anda mebuat teh, lalu seduh dengan air mendidih, Minum saat airnya menjadi hangat.

Macam resep obat batuk tradisional diatas sangat mudah didapatkan di sekitar kita, bahkan beberapa diantaranya sering dijadikan sebagai bumbu dapur. Namun jika batuk masih tetap berlanjut, jauh lebih baik segera periksa ke dokter. Untuk mencegah terjadinya hal yang lebih parah lagi.


loading...

0 Response to "Cara Mengobati Batuk dengan Resep Alami"