Toko Alat Sablon

Cara Redakan Sakit Flu Tanpa Obat


Pada masa pergantian musim dan saat musim hujan, flu biasa menyerang seperti tenggorokan terasa gatal dan meradang yang disertai badan meriang, pusing dan hidung mampet, sungguh mengganggu. Meskipun sering dianggap penyakit ringan, penyakit ini bisa membuat Anda harus beristirahat berhari-hari.

Jika sudah demikian, jangan buru-buru meminum obat kimia karena memiliki bayak efek samping terhadap tubuh Anda. Berikut ini ada cara-caranya yang bisa mengobati flu dengan alami. Selain mudah dibuat, tentunya lebih aman.

1. Bawang Putih Mentah 
Bawang putih kaya antioksidan yang diperlukan sistem imun. Mengkonsumsi bawang putih mentah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Jika Anda bersin berkelanjutan itu tandanya flu, konsumsi bawang putih mentah yang sudah diiris tipis bersama biskuit tawar. Meski napas sedikit berbau tajam, tetapi tubuh Anda akan membaik. 

2. Sup Ayam 
Resep ini sudah lama dikenal ampuh mengusir flu. Sup ayam dapat mengurangi inflamasi dan mempercepat jalannya lendir. Untuk hasil terbaik, buat sendiri sup ayam. Rebus ayam, wortel, bawang merah, dan seledri selama 6 jam. Semakin lama direbus, semakin banyak kebaikan protein ayam yang dihasilkan dari tulang. Sajikan saat hangat.

Jika flu disertai batuk, Anda bisa membuat sirup obat batuk alami. Cukup tiga bahan yang diperlukan yaitu, perasan jeruk lemon sebagai sumber vitamin C dan anti bakteri, madu sebagai peningkat stamina yang memerangi kelelahan, dan air hangat. Campurkan ketiganya dan konsumsi satu sendok teh sesering mungkin hingga batuk reda.

4. Air Garam 
Garam meja dapat menjadi obat saat terkena flu karena cuaca. Efek dehidrasi dari garam dapat mengeluarkan cairan berlebih yang membuat tenggorokan bengkak sekaligus mematikan kuman. Saat merasa tenggorokan tidak enak atau berdahak, buat larutan garam dengan air hangat, dan kumur tiga kali sehari. Rasanya memang tidak terlalu enak, tapi efeknya cepat dan sangat membantu mengobati gejala flu.

5. Penguapan 
Pilek biasanya terjadi saat cuaca dingin. Menguapkan saluran pernapasan dapat membantu angin dingin keluar dari tubuh. Buat ramuan uap Anda sesuai selera. Cukup rebus daun mint, atau rosemary, dan hirup uapnya segera. Cara lain Anda dapat mandi uap yang juga membantu meringankan sakit kepala dan dada sesak. Untuk cara instan, menghisap permen mint dapat meredakan pilek Anda sementara.

Selain itu, sebuah penelitian di sekolah dasar di Jepang, menunjukkan bahwa suplemen vitamin D yang dikonsumsi selama musim hujan dapat membantu mencegah flu musiman dan serangan asma.

Hal ini bisa menjelaskan mengapa influenza terjadi terutama di musim hujan, ketika orang-orang tinggal di dalam rumah, jauh dari sinar matahari, dan akhirnya memiliki tingkat vitamin D yang rendah.

loading...

0 Response to "Cara Redakan Sakit Flu Tanpa Obat"