Toko Alat Sablon

Cara Merawat Printer Inkjet Modifikasi

Printer sekarang ini menjadi salah satu perangkat output yang tidak terpisahkan dari komputer dan harganya pun relatif murah, dipasaran ada berbagai merk printer seperti Canon, Epson, HP, Lexmark dan sebagainya. 

Penggunaan printer sendiri juga terus berkembang dari pengguna pribadi dan kantor, sekarang telah berkembang sebagai penunjang usaha percetakan, seperti cetak kartu nama, undangan, brosur, nota, dan lain-lain namun dalam skala kecil.

Untuk usaha percetakan skala kecil, printer inkjet paling diminati karena dapat dimodif dengan sistem infus sehingga memungkinkan printer dapat mencetak lebih banyak karena cadangan tinta yang lebih besar daripada tinta di cartridge bawaan printer tersebut sehingga lebih irit biaya. Selain itu printer inkjet yang telah dimodifikasi memudahkan pengguna untuk melakukan isi ulang atau refill tinta.
 
Tetapi, perlu diperhatikan perawatan printer tersebut sehingga dapat digunakan secara maksimal. Adapun cara melakukan perawatan printer inkjet modif adalah sebagai berikut, agar head cartridge tidak cepat rusak :
  1. Tabung tinta dan printer harus dalam keadaan sejajar, karena posisi tabung yang tidak sejajar akan bisa menyebabkan masalah pada saluran tinta. Jangan sekali kali menaruh tabung tinta di atas badan printer.
  2. Sebelum menyalakan printer bukalah semua tutup tabung infus tinta dan tutup kembali apabila selesai digunakan.
  3. Dalam 24 jam disarankan ada menghidupkan printer meskipun tidak melakukan pencetakan.
  4. Lakukan cleaning menggunakan software bawaan printer yang telah terinstal di komputer, setiap sebelum dan sesudah mencetak.
  5. Gunakan printer minimal 2 hari sekali untuk mencetak semua warna, untuk mencegah head buntu akibat tinta yang mengering.
  6. Apabila selang infus masuk angin atau ingin mensetabilkan warna tinta setelah melakukan isi ulang maka gunakan perintah Deep Cleaning pada pengaturan printer dan jangan meninggikan botol infus karena akan menyebabkan tinta banjir dan konslet pada catridge/head.
  7. Apabila mencetak dalam jumlah yang banyak, sebaiknya jangan dilakukan secara terus menerus, setiap mencetak 25 lembar hitam-putih, istirahatkan printer selama kira-kira 1 menit, kemudian baru melanjutkan untuk mencetak. Agar head cartridge tidak overheat. Biasanya bagi yang sering mencetak dalam jumlah banya.
  8. Setiap mencetak 4 lembar gambar full color, istirahatkan printer selama kira-kira 1 menit, kemudian baru melanjutkan untuk mencetak. Agar head cartridge tidak overheat.
  9. Isi ulanglah menggunakan tinta refill dengan merk yang sama untuk tetap mempertahankan kwalitas hasil cetakan, namun apabila ingin mengganti merk tinta dengan merk yang tidak sama maka tinta dalam tabung infus harus kurang dari 10%
  10. Setelah selesai menggunakan printer, matikan dan cabut kabel printer dari stop kontak agar power suplay printer tidak cepat rusak.
  11. Saat memindahkan printer ke tempat lain, jepitlah selang tinta dengan karet gelang atau sejenisnya.
  12. Bersihkan printer dari debu, dan tutup printer apabila tidak digunakan.
Agar chip cartridge tidak cepat rusak :
  • Jangan menyentuh bagian tembaga chip cartridge.
  • Jangan sampai bagian tembaga chip cartridge terkena air atau tinta, akan menyebabkan konsleting.
  • Jangan sampai bagian tembaga chip cartridge kotor. 
Demikian Cara Merawat Printer Inkjet Modifikasi, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan sobat semua.
 

loading...
loading...

0 Response to "Cara Merawat Printer Inkjet Modifikasi "