Toko Alat Sablon

Tips Melindungi Laptop dari Pencuri

Mudah dibawa kemana-mana dan mudah dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lainnya atau disebut juga dengan portabilitas pada sebuah laptop memang membuat kita merasa nyaman dan tetap produktif di manapun berada.

Tapi pada saat yang bersamaan, portabilitas laptop juga menjadi sasaran empuk bagi pencuri. Kehilangan laptop kesayangan sama artinya dengan bencana, apalagi jika sobat menyimpan banyak dokumen penting di dalamnya dan tidak memiliki cadangan. 

Berikut ini adalah beberapa tips untuk melindungi laptop sobat dari pencuri, sekaligus untuk melindungi data yang tersimpan di dalamnya: 

• Instal software pelacak
Anggap laptop sudah dicuri atau mungkin sobat lupa menyimpan di mana laptop kesayangan. Disinilah pentingnya meng-instal sebuah software pelacak pada laptop kesayangan. Software ini bisa dikatakan sebagai generasi baru untuk melindungi laptop dari tindak pencurian.

Menggunakan beberapa elemen yang berbeda, termasuk lokasi alamat IP, positioning wi-fi, atau bahkan kemampuan untuk mengaktifkan webcam pada laptop dari jarak jauh, software pelacak akan membantu kita menemukan kembali laptop yang hilang. Flipcode Hidden, Absolute Software LoJack, Active Trak, atau Gadget Trak adalah beberapa software yang bisa sobat manfaatkan. Meskipun mendapatkan software tersebut dengan cara berbayar, tapi rasanya setara dengan manfaat yang diperoleh. 

• Back Up Data
Kehilangan laptop sama artinya dengan kehilangan dokumen-dokumen penting di dalamnya. Oleh sebab itu, disinilah pentingnya sobat melakukan investasi berupa hard disk external. Fungsinya tentu untuk membuat data cadangan yang ada di laptop kesayangan. Saat ini banyak sekali ditawarkan hard disk external dengan harga terjangkau tapi kapasitasnya cukup besar. Atau sobat juga bisa memanfaatkan beberapa website yang menyediakan ruang/space secara gratis untuk menyimpan data yang ukurannya cukup besar. 

• Jangan menyimpan kata sandi di dalam laptop
Tidak peduli seberapa banyak simbol atau seberapa panjang kata sandi yang sobat gunakan, jika laptop sobat diatur secara otomatis untuk mengingat semua kata sandi tersebut, hal tersebut tetaplah rawan. Berhati-hatilah menggunakan program password management seperti LastPass pada apapun yang bisa dicuri. Hindari juga menyimpan semua password/kata sandi ke dalam file teks.

• Dapatkan asuransi
Ada beberapa jenis asuransi yang akan meng-cover laptop yang hilang, dicuri, atau jatuh. Tempat yang paling relevan untuk mendapkan asuransi tersebut adalah vendor laptop itu sendiri. Banyak vendor laptop yang menawarkan asuransi tambahan untuk mengantisipasi hal-hal tersebut. 

• Lindungi diri Anda sendiri
Meskipun sobat sudah menerapkan semua langkah pencegahan di atas, mengalami kejadian laptop hilang tetaplah menyakitkan. Tapi rasa sakit atau kesal yang sobat akan alami tidak akan terlalu besar jika sobat sudah mem-back up dokumen penting di dalam laptop, menggunakan kata sandi yang aman, dan memiliki asuransi yang akan mengganti rugi setiap kehilangan tersebut.

loading...

0 Response to "Tips Melindungi Laptop dari Pencuri"