Toko Alat Sablon

Cara Menjawab Pertanyaan Sulit dari Anak

Rasa ingin tahu yang besar pada diri anak-anak, karenanya seringkali mereka mengajukan pertanyaan yang sering membuat kita sedikit terkaget, entah itu karena pertanyaan tersebut sulit untuk dijawab, atau pertanyaan tersebut belum saatnya untuk diketahui anak.

Hal tersebut seringkali mebuat kita bingung menjawabnya dan bingung bagaimana harus meyakinkan mereka. Bahkan, seringkali orang tua merasa terpojok dengan pertanyaan tersebut. paa dasarnya kunci dari tindakan kita adalah selalu tenang menghadapi situasi yang demikian.

Anak sering menanyakan hal-hal yang ingin diketahuinya kepada orang tua karena mereka merasa sangat percaya kepada orang tua, sehingga jawaban dari orang tua mereka ialah jawaban yang paling dianggap mereka benar. 

Ada baiknya jika kita mampu menangani situasi yang demikian ini. adapun cara-caranya menghadapi situasi yang demikian dapat kita baca di bawah ini.

• Tetap bersikap tenang
Hal ini penting dilakukan agar anak selalu merasa nyaman ketika mereka bertanya pada orang tua mereka. Meskipun pertanyaan yang diucapkan sangat membuat kita kaget, usahakan untuk tidak bereaksi berlebihan.

• Jawab dengan jujur
Jawaban yang jujur adalah hal yang penting, jangan berusaha menutup-nutupi. Apabila kita belum bias menjawab, tidak perlu segan mengatakan bahwa kita belum mengetahui jawabannya, dan berikan pengertian bahwa nanti ketika sudah tahu jawabannya kita akan member tahu mereka.

• Selalu berikan penghargaan atas pertanyaannya
Berikan penghargaan dengan mengatakan bahwa pertanyaan si kecil sangat menarik, dan sebagainya. Hal ini juga menghindari agar meereka tidak merasa bersalah dengan menanyakan pertanyaan tersebut.

• Selalu berempati
Ada kalanya anak-anak menanyakan sesuatu atas dasar pengalamannya atau perasaannya. Usahakan agar kita berempati pada hal tersebut. usahakan agar kita dapat berempati pada apa yang dialaminya atau apa yang dirasakannya. Hal ini dapat membantu kita membangun kualitas komunikasi yang baik.

• Berikan kenyamanan pada anak ketika mereka bertanya
Buat mereka nyaman untuk bertanya pada kita. kita dapat menempatkan diri kita baik sebagai seorang sahabat bagi mereka maupun sebagai seorang teman. Seperti yang telah di bahas sebelumnya, bahwa ketika kita menghadapi situasi seperti ini, kita perlu berusaha untuk selalu tenang dan member kenyamanan bagi si kecil untuk bertanya.


loading...

0 Response to "Cara Menjawab Pertanyaan Sulit dari Anak"