ARTIKEL TERBARU

Ciri-Ciri Anak Terlibat Narkoba dan Seks Bebas

NARKOBA dan SEKS BEBAS, kedua masalah tersebut sudah sangat menggejala di Indonesia, kedua perbuatan tersebut seperti sudah menjadi suatu kewajaran dikalangan anak remaja. Oleh karena itu, sebagai orang tua dan sebuah keluarga kita semua harus saling bantu dalam mencegah dan membantu kesembuhan anak, keluarga, teman yang terlibat NARKOBA dan SEKS BEBAS.

Beberapa ciri di bawah ini bisa dilihat pada orang yang terlibat NARKOBA dan SEKS BEBAS : 

A. NARKOBA
Seringkali orangtua tidak menyadari anaknya terlibat penyalahgunaan narkoba. Mereka biasanya baru sadar jika anak mengalami over dosis. Sebagai orang tua, upaya pencegahan masih bisa dilakukan salah satunya dengan mengenali sejak dini penyalahgunaan narkoba pada anak.

CIRI-CIRI
Seperti apa gejalanya? Dijelaskan A. Kasandra Putranto, psikolog dari Kasandra Associates Jakarta, ada beberapa ciri fisik dan perilaku yang bisa dilihat jika anak sudah terlibat penyalahgunaan narkoba. Berikut ciri fisik serta dampaknya jika seseorang tekena narkoba :
  • Mata merah. Ini menjadi cirri fisik yang paling sering terjadi untuk semua jenis pemakaian narkoba.
  • Bau badan. Biasanya pemakai berkeringat dan memiliki bau badan khas atau menyengat. Mereka yang memakai putaw dan sejenisnya biasanya jarang mandi dan baju yang dipakai itu-itu saja. Selain itu rambut lebih terlihat berminyak dan mudah rontok.
  • Pernapasan lambat dan dangkal. Hal ini menyebabkan pemakai mengambil napas cepat seperti setelah berolahraga.
Selain ciri fisik, ada juga perilaku yang mengindikasikan seseorang mulai menggunakan narkoba, diantaranya:
  • Aktivitas tidur terganggu. Pengguna narkoba biasanya sering tidur atau bermalas-malasan sepanjang hari atau sebaliknya.
  • Perubahan perilaku makan dan minum. Mereka bisa menjadi seseorang yang tidak menyukai makan atau minum secara berlebih.
  • Menjadi pribadi emosional dan sensitive. Pemakai narkoba lebih cepat tersinggung. Kesalahan kecil dari orang lain dianggap sebagai masalah besar yang mengganggu kepentingannya.
  • Kekacauan cara berpikir. Bagi mereka yang rutin menggunakan obat terlarang, biasanya cara berpikirnya kacau dan sulit berkonsentrasi.
  • Perubahan peer. Lingkungan pergaulan mereka lama-lama akan berubah drastis.
  • Kebutuhan uang bertambah. Pemakai narkoba biasanya mulai merongrong keluarga untuk menyediakan sejumlah uang untuk membayar sesuatu, bahkan sampai MENCURI dan MERAMPOK. Kalau di rumah kita sering kehilangan uang atau barang, perlu diwaspadai.

B. PERGAULAN (SEKS) BEBAS
Survei Komisi Perlindungan Anak pada 2010 terhadap 4.500 remaja di 12 kota besar seluruh Indonesia menemukan 93 persen remaja pernah berciuman, 62,7 persen pernah berhubungan badan, dan 21 persen remaja telah melakukan oborsi.“Tak jarang, seorang wanita justru meniggal saat melakukan aborsi. Semua bisa dicegah, kuncinya bentengi diri dan hindari seks bebas,” kata Wardhani.

Ini adalah tugas para orang tua, masyarakat dan pemerintah untuk lebih mengedepankan lagi adanya pendidikan dan pengetahuan tentang seks dikalangan remaja yang harus di imbangi adanya pendidikan dan pengetahuan keagamaan yang lebih mengikat. Berdasarkan penelitian di berbagai kota besar di Indonesia, sekitar 20 hingga 30 persen remaja mengaku pernah melakukan hubungan seks.

Berdasarkan hasil survei Komnas Perlindungan Anak bekerja sama dengan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) di 12 provinsi pada 2007 diperoleh pengakuan remaja bahwa:
- Sebanyak 93,7% anak SMP dan SMU pernah melakukan ciuman, petting, dan oral seks.
- Sebanyak 62,7% anak SMP mengaku sudah tidak perawan.
- Sebanyak 21,2% remaja SMA mengaku pernah melakukan aborsi.
- Dari 2 juta wanita Indonesia yang pernah melakukan aborsi, 1 juta adalah remaja perempuan.
- Sebanyak 97% pelajar SMP dan SMA mengaku suka menonton film porno.

CIRI-CIRI
  • Kedekatan dengan lawan jenis dengan perilaku/bahasa tubuh bagaikan pasangan suami istri.
  • Sering keluar rumah tanpa alasan dan tempat yang jelas.
  • Sering berbohong
  • Pada anak perempuan tubuhnya seperti seorang perempuan yang sudah menikah.
  • Sering pulang larut malam tanpa keperluan yang jelas.
  • Mulai berani melawan orang tua , kalau dilarang berpacaran/berduaan.
  • Perlu dicek pakaian dalamnya, apakah ada yang mencurigakan ?
Wahai...Bapak...Ibu...dimanakah anak ABG (remaja) kita malam ini????
Waspadalah....Waspadalah....karena anak adalah amanah ....
Waspadalah....Waspadalah....karena anak akan dipertanggung jawabkan dihadapan Allah....Mari kita bantu mereka keluar dari MASALAH....
Tutorial Service Komputer

0 Response to "Ciri-Ciri Anak Terlibat Narkoba dan Seks Bebas"