Toko Alat Sablon

Cara Mengatasi LCD Bocor Pada Smartphone

Memiliki handphone ataupun smartphone pasti ada kalanya handset tersebut pernah terbentur, terjatuh atau pun sejenisnya yang bisa menyebabkan kerusakan bisa itu kaca retak atau pecah, handset mati, dan lain-lain. 

Sering juga LCD mengalami kebocoran (leak), LCD adalah barang yg sangat sangat rentan dan ringkih. Jadi meskipun casing didesain untuk tahan benturan atau terjatuh tapi kalau benturannya dalam skala parah, misal jatuh ke aspal dan sampai bouncing (memantul) maka yang rawan rusak adalah LCD. 

Ciri-ciri LCD yang bocor (leak) biasanya adalah adanya bintik-bintik biru atau keunguan seperti terkena coretan pena/bolpoin. Tergantung tingkat kerusakan biasanya bintik-bintik ini sedikit dan lembut bisa juga terlihat banyak dan membentuk pola seperti danau ditengah layar handphone sobat tersebut. Jika masih leak yang ringan (terlihat bintik-bintik ungu/biru) mungkin cara dibawah ini bisa sobat coba untuk membetulkannya : 
  • Matikan handset tersebut
  • Buka cover belakang-nya
  • Lepas battery-nya
  • Lepas memory card - jika ada
  • Lepas simcard
  • Tutup kembali cover belakang-nya
  • Masukkan kedalam kantung plastik lalu ikat dengan erat
  • Masukkan handset yang terbungkus plastik tadi ke dalam plastik lagi (antisipasi kalau plastik pertama bocor)
  • Kemudian masukkan ke dalam freezer. Ingat: FREEZER
  • Diamkan selama semalam atau lebih.

Perhatikan keesokan harinya maka bintik-bintik ungu/biru yang mengganggu akan lenyap 98% – 100% dan biasanya permanen. Tentu saja sebelum menyalakan lagi handset tersebut, pastikan segala sesuatunya kering. Bisa diangin-anginkan dulu atau gunakan tissue jika ada embun atau lembab. Metode ini pernah saya temui di beberapa forum, dan pernah saya coba sendiri (pengalaman pribadi) dan hasilnya cukup memuaskan. 

Tetapi sekali lagi perlu diingat cara ini hanya berguna jika tingkat kebocoran masih tergolong ringan/sedang. Jika sudah berat, yang ditandai dengan noda biru atau ungu tebal seperti bulatan yang dibikin dengan spidol marker atau bahkan mirip cap jempol/sidik jari, atau berbentuk garis-garis maka bisa katakan bahwa cara tersebut diatas tidak akan berguna. Satu-satunya cara untuk mengatasi kerusakan yang parah tersebut adalah mengganti LCD partnya dengan yang baru. 

NOTE: Do it at your own risk. Resiko mencoba cara tersebut diatas ditanggung sendiri ya, kalau malah menyebabkan kerusakan lain misal korsleting dan atau yang lain maka itu sobat tanggung sendiri. (tapi tidak perlu terlalu paranoid, selama handset terbungkus aman maka dia tidak akan kemasukan air sewaktu di dalam freezer).

loading...

0 Response to "Cara Mengatasi LCD Bocor Pada Smartphone"