Toko Alat Sablon

Inilah 4 Penyebab Utama Munculnya Jerawat

Jerawat tentu akan menimbulkan banyak masalah bagi orang yang mengalaminya, terutama pada wanita. Mereka seringkali salah mendapatkan informasi mengenai apa penyebabnya sehingga justru memperparah kondisi jerawat itu sendiri. Apa sebenarnya yang memicu timbulnya jerawat?

Jerawat memang merupakan masalah kulit yang banyak terjadi, khususnya pada remaja. Mengapa? Sebab remaja mengalami perubahan hormon yang menyebabkan produksi minyak berlebih pada wajah, kata dr Eddy Karta, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin.

Oleh sebab itu, penting untuk membersihkan wajah secara teratur dengan pembersih khusus wajah yang berminyak. Selain itu, jangan lupa pula untuk selalu membersihkan wajah setiap malam sebelum tidur. Apalagi jika sebelumnya menggunakan kosmetik yang cukup berat.

Kulit berminyak, jerawat, kusam, berkomedo hitam, berkomedo putih, pori-pori besar, noda bekas jerawat, kulit kasar, dan kemerahan merupakan efek dari radang yang sering dialami oleh remaja. Apalagi jika malas merawat kebersihan kulit, kata dr Eddy.

dr Eddy juga menuturkan mengenai 4 penyebab utama munculnya jerawat yang selama ini masih sering diabaikan oleh remaja, antara lain:

1. Produksi sebum
Sebum atau kelenjar minyak biasanya akan semakin aktif dimulai pada masa remaja. Selain itu, produksi sebum juga bersifat menurun alias bisa diturunkan dari orang tua. Jika orang tua memiliki tipe kulit yang berminyak, maka ada kemungkinan besar anak juga akan mengalaminya.

Perlu diketahui, jerawat tak hanya bisa dialami di wajah, tetapi juga di punggung, dada, dan lengan atas.

2. Sumbatan pada sebum
Sumbatan ini biasanya disebabkan oleh adanya tumpukan kotoran dan debu. Ini biasanya dialami oleh remaja yang malas-malasan membersihkan wajah atau justru menggunakan produk pembersih yang salah.

3. Infeksi
Adanya sumbatan pada kulit biasanya awalnya akan membentuk komedo, jika orang tersebut selalu memegang-megang jerawat karena gemas, apalagi jika tangannya dalam kondisi kotor maka menurut dr Eddy bukan tidak mungkin justru membentuk infeksi di sumbatan tersebut.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari memegang jerawat jika memang dirasakan ada radang pada kulit. Bersihkan dan biarkan jerawat tersebut sembuh tanpa dipencet.

4. Inflamasi atau radang
Kondisi ini biasanya memperlihatkan kulit dengan jerawat yang sudah memerah. Biasanya muncul jika infeksi sebelumnya telah dipencet sehingga pada akhirnya menjadi peradangan.

Inilah yang membuat jerawat menjadi pecah, tidak bisa pulih dengan sehat, dan menimbulkan noda bekas yang sulit untuk hilang.

loading...

0 Response to "Inilah 4 Penyebab Utama Munculnya Jerawat"