Toko Alat Sablon

Trik Memperbaiki Cartridge yang Warnanya Tercampur

Dalam mengisi tinta printer dengan cara disuntik, entah karena lupa atau buru-buru kita salah dalam mengisi tinta sesuai warnanya misalnya warna magenta di isi dengan tinta warna cyan. Hal ini sering terjadi pada printer yang menggabungkan cartridge warna (magenta,cyan,yellow) dalam satu cartridge.

Apabila sudah terlanjur salah isi tinta, maka berikut ini saya akan berbagi pengalaman memperbaiki cartridge yang warnanya tercampur dalam hal ini saya menggunakan printer Canon ip2770 dengan cartridge warna PG-811, untuk printer merk lain asal cartridge-nya sejenis dengan cartridge 811, maka kemungkinan juga bisa. Ada 2 cara yang bisa sobat coba berikut ini: 

Cara Pertama, siapkan alat - alat :
• Suntikan kosong ( yang masih baru/lama tapi bersih dari tinta ).
• Tissue 

Berikut langkah-langkahnya:
  1. Ambil suntikan yang kosong lalu masukkan jarum ke dalam lubang tinta catridge yang tercampur.
  2. Sedot tinta dari dalam cartridge yang warnanya tercampur sampai tinta tidak keluar.
  3. Lalu berikan tissue ke ujung head catridge tinta hal ini berguna untuk menguras / menyedot sisa tinta dari bawah.
  4. Kemudian isi kembali dengan warna asal yang asli tata letaknya dalam lubang catrige sidikit demi sedikit.
  5. Lakukan pengecekan dengan mencetak gambar (usahakan gambar tersebut dominan dari warna yang tercampur, misalnya warna magenta yang tercampur maka cari gambar yang dominan warna magenta), jika warna cartridge masih tercampur ulangi lagi langkah no. 1 sampai 4.
Cara Kedua, siapkan alat - alat :
• Obeng min atau pisau cutter.
• Tissue 

Berikut langkah-langkahnya:
  1. Congkel/buka penutup cartridge dengan obeng atau cutter sehingga akan terlihat busa catridge.
  2. Ambil busa dari dalam cartridge dan bersihkan busa dengan menggunakan air. Agar hasil maksimal, bersihkan dengan air panas.
  3. Setelah semua sudah bersih keringkan busa catridge.
  4. Kemudian setelah busa kering masukan kembali busa pada tempat semula.
  5. Sebelum menutup catrid isi dulu tinta setelah itu tutup catridge dan rekatkan tutup dengan menggunakan solatip / lakban / isolasi. Jangan gunakan lem pengeras, karena apabila akan membukanya lagi jadi susah, dan malah tidak rapat dengan tempat cartridge.
Perhatian: Dalam melakukan 2 cara diatas, pada bagian chip cartridge (kotak-kotak kecil pada bagian depan cartridge) jangan sampai tersentuh tangan atau terkena tinta.
 
Demikian semoga cara-cara diatas dapat membantu memperbaiki cartridge printer sobat yang tanpa sengaja tercampur warnanya.

6 Responses to "Trik Memperbaiki Cartridge yang Warnanya Tercampur"

  1. cara kedua ekstrim sekali gan

    BalasHapus
  2. artikelnya sangat membantu jika belum puas dengan jawabannya bisa dilihat disini sob Cara Memperbaiki Cartridge yang Warnanya Tercampur dengan mudah

    BalasHapus

  3. Awesome website you have here but I was wondering if you knew of any user discussion forums that cover the same topics talked about here? I'd really like to be a part of online community where I can get suggestions from other knowledgeable people that share the same interest. If you have any recommendations, please let me know. Bless you! hotmail login

    BalasHapus