Toko Alat Sablon

Jongkok, Posisi Paling Tepat untuk BAB


Posisi saat buang air besar pada masyarakat di Indonesia sebagian besar posisi jongkok sementara pada negara barat masyarakatnya lebih senang pada posisi duduk. Manakah pada kedua posisi tersebut yang lebih baik? Ketika buang air besar, posisi yang baik adalah jongkok bukan duduk. Posisi jongkok memberi tekanan sehingga kotoran akan lebih mudah keluar.

"Postur yang ideal untuk buang air besar adalah posisi jongkok, dengan paha tertekuk pada perut. Dengan cara ini kapasitas rongga perut sangat berkurang dan tekanan intraabdomen meningkat, sehingga mendorong kotoran untuk keluar," kata ahli Gastroenterology, Henry L. Bockus seperti dilansir dari asiaone.

Sementara, masih lanjut Bockus, posisi ini tidak terjadi ketika buang air besar dengan toilet duduk. Pada posisi jongkok tekanan paha akan memberi tekanan secara alamiah untuk kotoran keluar, sehingga kita tidak perlu mengejan.

Sedangkan ketika duduk, kita dalam 'mode kontinensia', perlu bantuan mengejan agar kotoran keluar. Namun seringkali prosesnya sulit dan tidak tuntas.

"Perlu ekstra waktu untuk mengejan yang berlebihan dalam rangka mendorong kotoran melalui sudut rectoanal yang kurang benar. Sedangkan pada postur jongkok mengejan kurang diperlukan karena kotoran terdorong keluar di sepanjang saluran yang terbuka," sebut sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam jurnal Penyakit Pencernaan dan Ilmu Pengetahuan.

loading...

0 Response to "Jongkok, Posisi Paling Tepat untuk BAB"