Toko Alat Sablon

Cara Menghilangkan Bunyi Beep Panjang Saat Laptop Dihidupkan

Hari ini teman saya minta bantuan, laptopnya saat dinyalakan tersengar suara beep panjang sebelum proses booting masuk ke Windows. Biasanya bunyi beep panjang pada laptop / notebook menandakan adanya kerusakan pada hardwarenya, seperti RAM, Hardisk atau Keyboard. 

Untuk cara mengetahui kerusakan harddisk dan memory / RAM silahkan baca di sini.

Namun apabila disebabkan adanya kerusakan atau ada tombol keyboard yang lengket, di mana mengakibatkan bunyi beep panjang akan terdengar sehingga berpengaruh pada proses booting masuk ke Windows. Dalam kondisi ini, proses booting akan mengalami pause dengan hang-nya tombol keyboard tersebut.

Kotoran dan debu yang masuk bisa jadi penyebabkan masalah pada keyboard selain itu, lamanya pemakaian ataupun terlalu keras saat menekan keyboard bisa juga jadi penyebabnya. Jika salah satu atau sejumlah tombol pada keyboard berada dalam posisi menekan terus (lengket). Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dicoba :
  • Bersihkan bagian atas keyboard beserta sela-selanya dengan menggunakan kuas. Periksa tombol keyboard dengan menekan seluruh tombol, pastikan tombol tidak lengket dan kembali seperti semula.
  • Masuk ke Windows, buka Notepad atau MS Word. Kemudian lakukan pengujian semua tombol pada keyboard, jika ada salah satu tombol yang run terus, misalnya huruf 'T' typing sendiri, maka itulah tombol keyboard yang rusak. Setelah mengetahui tombol keyboard yang rusak kita bisa mulai memperbakinya, caranya baca di sini.
Bila masih belum berhasil, cara berikutnya dengan melepaskan keybaord dari laptop supaya keyboard mudah dibersihkan secara menyeluruh. Untuk cara melepaskan keyboard laptop tergantung merk laptopnya, umumnya memakai baut yang mengharuskan laptop perlu dibongkar bagian bawahnya terlebih dahulu.

Matikan laptop, kemudian lepaskan seluruh power (kabel charger dan baterai). Buka keyboard lalu bersihkan dengan menggunakan kuas dari arah samping, bila perlu dijemur agar terjadi pemuaian. Jika belum berhasil, semprot dengan menggunakan contact cleaner, dan keringkan sampai benar-benar kering.

Apabila masih belum berhasil juga, sepertinya keyboard tersebut perlu diganti. Demikian cara mengatasi bunyi beep panjang saat laptop dihidupkan, semoga berhasil memperbaikinya.

Apabila sobat ingin belajar memperbaiki laptop sendiri, silakan download Ebook premium dibawah ini.

loading...
loading...

1 Response to "Cara Menghilangkan Bunyi Beep Panjang Saat Laptop Dihidupkan"

  1. terimakasih infonya gan! boleh juga cek solusi terbaik untuk keyboard macbook yang berisik disini: http://zapplerepair.com/solusi-keyboard-Macbook-A1708-A1709-kena-air-jadi-susah-ditekan.html

    BalasHapus